Task 2

 

HTTP Request
Http request berisi permintaann bermacam macam informasi data yang diinginkan user yang dikirim melalui client ke server. Didalam permintaan tersebut terdapat sebuah method yang dienkapsulasi untuk memberitahu server tentang permintaan yang dibuat dan bagaimana sisa pesan dari client diformat. Terdapat 2 protokol di dalam HTTP request, yaitu : Get dan Post

GET

Get adalah method paling sederhana di dalam HTTP. Method ini digunakan untuk meminta resource tertentu dari server, seperti laman web, file grafis, suara, dokumen dan lain lain. Method Get juga dapat digunakan untuk mengirim data ke server. Namun method ini memiliki batasan jumlah total karakter yang dienkapsulasi ke dalam method. Sehingga ketika client mengirimkan banyak data ke server tidak semua pesan data tersebut berhasil disampaikan.
Batasan lainnya adalah ketika anda mengirimkan data, maka data tersebut akan ditambahkan pada URL yang anda kirim ke server. Jadi data yang dikirimkan akan terlihat di address bar pada browser. Dan hal ini sangat riskan jika data yang dikirimkan berupa data sensitif seperti username dan password atau informasi penting lainnya, karena dapat dilihat oleh orang lain.
Namun dibalik kekurangan tersebut Get juga memiliki kelebihan. Yaitu user dapat mem-bookmark URL yang berisi permintaan Get atau data yang dikirimkan. Sehingga user dapat langsung mengakses halaman lebih cepat karena tanpa melalui proses yang sama setiap waktu (ex. login).

POST
Post adalah jenis method permintaan yang didesain untuk dapat membuat banyak permintaan kompleks dan dapat mengirim banyak data dari client ke server maupun dari server ke client. Proses pengiriman infomasi permintaan dari client terjadi seperti proses upload (pengunggahan) file ke server.
Perbedaan method get dan post terletak pada cara pengiriman data ke server. Seperti yang di tuliskan sebelumnya, Get hanya menambahkan data ke URL yang akan dikirim. Sedangkan Post mengekapsulasi dan menyembunyikannya di message body yang dikirim. Dan server dapat menentukan bahwa suatu permintaan adalah permintaan Post adalah dari body message data tersebut.

HTTP RESPONSE
HTTP merespon dari server yang berisi headers dan body pesan, seperti yang permintaan HTTP lakukan. Mereka menggunakan kumpulan header yang berbeda, meskipun demikian disini kita tidak perlu terlalu dalam membahasnya secara detail. Cukup dengan mengatakan bahwa headers berisi informasi tentang protokol HTTP yang digunakan pada server, sebagaimana tipe dari isi yang dienkapsulasi ke dalam body pesan. Nilai dari tipe isi adalah MIME-type. Ini akan memberitahu browser jika pesan berisi HTML, gambar, atau tipe lainnya.

Contoh Get & Post dalam 1 file..

About ptwgroups

hanya ingin mengerjakan tugas ptw.. :P

Posted on 12 September 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: