Servlet, JSP, dan Web Browser

SERVLET

Servlet adalah teknologi Java untuk aplikasi web berupa class yang digunakan untuk menerima request dan memberi respon melalui protokol http (html, xml, file dan sebagainya). Pada dasarnya Servlet merupakan file java class yang telah dikompilasi dan dijalankan oleh servlet container atau application server. Istilah application server digunakan apabila software server dapat menjalankan servlet, JSP serta teknologi J2EE utama seperti EJB (Enterprise Java Bean). Contoh Application Servlet adalah BEA Web Logic, IBM Websphere, Jboss, dsb. Servlet container biasanya juga merupakan JSP container, seperti Apache Tomcat, Macromedia Jrun, Resin.

Kelebihan servlet:

  1. Performance Servlet baik karena tidak ada proses pembuatan berulang untuk tiap request dari client. Jadi tiap request ditangani oleh proses servlet container (apache tomcat), di mana servlet tidak dibuat dan dihapus berulang-ulang tetapi tetap tersimpan pada memori untuk menangani request selanjutnya.
  2. Servlet memiliki kemampuan yang lengkap, antara lain penanganan request ke request, penanganan cookie dan session, akses database dengan JDBC, caching serta library yang lengkap untuk pembuatan aplikasi web.
  3. Servlet memiliki fasilitas security yang baik dan merupakan bagian dari teknologi Java yang sudah dari asalnya didesain dengan security yang baik.
  4. Teknologi Java Servlet portabel karena dapat dijalankan di berbagai servlet container, application server, maupun sistem operasi.
  5. Proses development yang lebih cepat. Dengan menggunakan Servlet kita dapat menggunakan library java yang lengkap maupun menggunakan komponen yang sudah ada.
  6. Karena servlet merupakan teknologi java yang memiliki penanganan memori yang baik serta memiliki garbage collection sehingga aplikasi web menjadi aplikasi yang tangguh dan stabil.
  7. Murah karena Java gratis untuk didownload, Servlet container juga banyak yang gratis.

Proses Kerja Servlet

  1. Servlet diload ke JVM oleh Servlet container apabila terjadi request pertama kali oleh client.
  2. Proses penanganan request dijalankan sebagai thread dari web server atau servlet container. Setelah diload maka servlet tetap ada di memori untuk menangani request berikutnya.
  3. Tiap kali menangani request, servlet container membandingkan timestamp dari servlet dalam memori dengan file class java servlet. Apabila timestamp file java servlet ada yang lebih baru maka secara otomatis servlet container akan meload servlet yang baru dari class servlet.

JSP (Java Server Pages)

Adalah bahasa scripting untuk web programming yang bersifat server side seperti halnya PHP dan ASP. JSP dapat berupa gabungan antara baris html dan fungsi-fungsi dari JSP itu sendiri. Berbeda dengan Servlet yang harus dikompilasi oleh user menjadi class sebelum dijalankan, JSP tidak perlu dikompilasi oleh user tapi server yang akan melakukan tugas tersebut.Teknologi JSP menyediakan cara yang lebih mudah dan cepat dalam membuat halaman-halaman web yang menampilkan isi secara dinamik dan bekerja dengan berbagai macam web server, application server, browser dan development tool.

JSP memungkinkan kita menggabungkan static HTML dengan dynamic content yang dihasilkan dari Servlet. JSP juga merupakan bagian dari teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition).J2EE merupakan platform Java untuk pengembangan aplikasi enterprise dengan dukungan API (Application Program Interface) yang lengkap dan portabilitas serta memberikan sarana untuk membuat aplikasi multi tier yang memisahkan antara Presentation layer, Application layer dan Data Layer.

JSP pada dasarnya juga hala man HTML dengan tambahan tag-tag JSP yang berupa Java Code. File JSP mempunyai extension .jsp bukan .htm atau html. JSP engine (Java virtual mechine) melakukan proses parsing pada file .jsp selanjutnya men-generate Java servlet source file. Kemudian mengkompilasi source file ini menjadi class file, hal ini dilakukan pada saat pertama kali file .jsp dijalankan. Hal ini yang membuat lebih lambat ketika .jsp file pertama kali diakses, selanjutnya setelah servlet source file terkompile semuanya berjalan lebih cepat.

WEB BROWSER
Web browser, adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengaktifkan komputer pengguna untuk mencari dan mengakses halaman web atau dapat diartikan juga software aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan, mengambil dan menginformasikan sumber-sumber yang berasal dari World Wide Web (www).

Browser menerjemahkan HTML dasar (Hypertext Mark Up Language) kode yang memungkinkan kita untuk melihat gambar, video teks dan mendengarkan audio pada situs, bersama dengan hyperlink yang memungkinkan kita bepergian ke halaman web yang berbeda. Browser akan di kontak dengan web server dan permintaan informasi. Web server menerima informasi dan menampilkannya pada komputer.

Ada beberapa jenis browser, tapi satu hal mereka memiliki kesamaan adalah bahwa mereka melaksanakan fungsi yang sama, mereka mentransfer hypertext. Setiap browser memiliki toolbar yang memungkinkan kita untuk melakukan berbagai fungsi seperti:

1. Kembali ke halaman pertama kita mulai di internet yang disebut Home.
2. Buku situs web favorit kita
3. Cetak konten yang dianggap menarik pada halaman web
4. Periksa riwayat Web, seperti mengunjungi situs web kita di masa lalu
5. Kita dapat maju dan mundur untuk melihat situs yang sebelumnya kita lihat.

Halaman web dapat terlihat berbeda dalam berbagai jenis browser. Itu selalu penting untuk men-download versi terbaru dari browser kita. Hari ini sebagian besar web halaman dirancang untuk dilihat di browser diperbarui. Dengan menjaga dengan versi paling up-to-date browser web kita, kita akan dapat mendapatkan yang terbaik dari web untuk semua yang anda butuhkan.

 

About ptwgroups

hanya ingin mengerjakan tugas ptw.. :P

Posted on 28 September 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: